Rabu, 08 April 2015

Resensi dan Kutipan-kutipan Film The Monkey King (2014)

http://bioskop25.blogspot.com/2014/04/the-monkey-king-2014.html
http://bentara.asia/blog/the-monkey-king-3d-versus-journey-to-the-west/

Ceritanya, zaman baheula terjadi peperangan dahsyat antara bangsa siluman dan dewa. Bangsa siluman menyerang Istana Langit untuk merebut kekuasaan para dewa. Namun upaya itu gagal. Salah satu siluman yang berambisi itu adalah Niu Mo Huang, Raja Siluman Kerbau (Aaron Kwok).

Siluman Kerbau hampir saja dibunuh oleh Kaisar Langit/Kaisar Giok, Yu Di (Chow Yun Fat), dewa yang berkuasa. Namun saudara perempuannya, Tie Shan Gongzu (Putri Kipas Besi, diperankan Joe Chen), menolongnya dan memintakan pengampunan karena ia mencintai Siluman Kerbau. Permintaan dikabulkan dan mereka berdua diusir ke bumi.

Oleh Dewi Nuwa (Zhang Zilin), semua kekacauan di Langit diperbaiki seperti semula. Kemudian membangun gerbang pertahanan untuk antisipasi serangan para siluman berikutnya. Dengan kristal-kristal ajaibnya, dalam sekejap semua seperti semua. Kemudian ia tanpa sengaja menjatuhkan sebuah kristal yang diketahui itu benih yang kelak lahirlah Sun Wukong, si Raja Kera.

Dari film ini aku mengetahui asal mula baju, topi, dan tongkat saktinya (tongkat Ruyi) berasal. Sun Wukong meminjam (mencuri/merampas) harta tersebut dari Dewa Laut.

Atas perintah Dewi Guan Yin Pu Sa (Dewi Welas Asih) (Kelly Chen), guru Bu Ti Zheng Ren (Baca : Pu Ti Cheng Ren, diperankan Hai Yitian) disuruhnya untuk mengajarkan ilmu kepada Sun Wukong. Dalam diri Wukong terdapat intisari/sifat dewa dan siluman.

Sun Wukong berkuasa di Gunung Hua Guo. Tempat di mana jatuhnya kristal Dewi Nuwa. Di sanalah ia bersama puluhan kera tinggal.

Tanda-tanda atau ramalan peperangan siluman dengan para dewa dimulai. Siluman Kerbau dengan taktiknya mengandalkan Sun Wukong untuk membantu memerangi dewa di Kayangan. Ia menghasut atau menanam kebencian pada Wukong. Sun Wukong terperangkap dalam hasutannya. Terlebih, Wukong terobsesi dengan ilmu "menghidupkan yang telah mati".

Sun Wukong membuat kekacauan di Istana Langit/Kayangan. Hal ini menyebabkan Tiga Bencana. Gunung Hua Guo tempat dia bersemayam musnah. Seperti sehabis bencana gunung meletus, hangus. Seluruh penghuni mati. Termasuk Ruxue, teman kecil Wukong selama ia berada dalam kristal. Wukong bersedih.

Lagi-lagi Siluman Kerbau menghasutnya, bahwa ulah Tentara Langit-lah bencana itu. Sejatinya itu adalah ulah Siluman Kerbau dan pasukannya. Wukong marah besar dan menyerang Langit. Menghancurkan Pintu Gerbang yang selama ini sebagai akses masuk ke Istana Langit.

Gila bener! Seorang Wukong bisa menghancurkan seluruh pasukan Tentara Langit. Pasukan Wukong berlipat ganda jumlahnya, hasil kloning rambutnya.

Di tengah pertempuran Wukong melawan Kaisar Langit yang menjelma Naga besar, ia melihat gurunya dibunuh oleh Siluman Kerbau. Kemudian ia tersadar, ia telah dihasut oleh Siluman Kerbau. Seluruh penduduk Gunung Hua Guo mati dengan meninggalkan cara kematian yang sama seperti kematian gurunya. Ia pun berbalik menyerang Siluman Kerbau.

Kaisar Langit tewas oleh Siluman Kerbau dalam duel. Siluman Kerbau bertambah kuat setelah memakai Kapak Sakti hasil tempa amarah dan kebencian para siluman.

Penjaga Gerbang Langit Selatan, Erlang pun merasa ditipu juga oleh Siluman Kerbau. Ia tersadar. Namun ia pun dibunuh Siluman Kerbau.

Wukong marah besar!

Pertempuran dahsyat tak terelakkan. Ditengah duel, ia mendapat tambahan motivasi dari Dewi Guan Yi. Kutipan motivasi tertulis di bawah. Wukong seperti terlahir kembali. Baju perang terpakai.

Siluman Kerbau menjelma Kerbau Raksasa. Wukong berubah menjadi Kera Raksasa. Adegan menjadi seru. Siluman Kerbau akhirnya dapat dikalahkan. Ia dilempar Wukong ke bumi dengan tanduk kanannya yang patah.

Ternyata sang Kaisar Langit tidak mati. Ia masih hidup.

http://i1.ytimg.com/vi/aHRbCTWDKGE/maxresdefault.jpg

Sementara adegan selanjutnya, Siluman Kerbau menjelma hewan kerbau berwarna putih dengan tanduk yang patah terikat pada sebuah pancang. Istrinya mendekati dan membawa anaknya yang kira-kira berumur 2-3 tahun. Padahal, ketika Siluman Kerbau berangkat perang ia masih dalam keadaan hamil. Bisa dibayangkan peperangan itu memakan waktu berapa lamanya? Istrinya menemani Siluman Kerbau. Sungguh kesetiaan yang luar biasa!

Kemudian Wukong berusaha memperbaiki Langit yang rusak parah. Perlu beberapa ratus tahun untuk memperbaikinya, ujar Kaisar Langit. Kemudian Sang Buddha; divisualkan sebuah patung yang besar, menghukum Wukong. Wukong dipenjara di Gunung Lima Jari selama 500 tahun. Itu adalah takdir yang harus diterima Wukong. Wukong menerima hukuman itu dengan senang hati untuk menebus kesalahannya. Inilah KARMA!

Wukong menanti misi agung. Menanti seseorang untuk membebaskannya. THE END.

* * *
Film ini lumayan buat referensi tambahan film-film Wukong sejenis. Grafisnya sangat bagus. Saya menyukainya.

Kutipan:
Jika kau terlahir untuk hidup, kau ditakdirkan merasakan kemalangan dan bencana. Jika kau terus berbuat jahat, apalah artinya hidup?

Hidup itu tak terduga. Semuanya diliputi kelahiran dan kematian. Bagai sumbu yang abadi "lahir kembali setelah mati". Itu adalah keberlanjutan. Itu adalah perpindahan.
(1:39:09)

7/10

Referensi atau review lainnya:
http://wuxia-sanzhuang.blogspot.com/2014/02/the-monkey-king.html
http://funtertainment-facts.blogspot.com/2014/01/movie-recommended-monkey-king.html
http://bentara.asia/blog/the-monkey-king-3d-versus-journey-to-the-west/
http://en.wikipedia.org/wiki/The_Monkey_King_%28film%29

0 komentar:

Posting Komentar